Tugas Makalah ke 1 E-business


KATA PENGANTAR



Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Kontribusi Internet Dalam E-Busieness. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Konsep E-Business.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.


Bandung, Februari 2011


Penyusun

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daftar Isi

KATA PENGANTAR.. 1
Bab I PENDAHULUAN.. 3
Bab II ISI. 4
2.1. Melihat Secara Singkat Cara Kerja Internet 4
2.2. Bagaimana Informasi Diproses dalam Internet 5
2.3. Pentingnya alamat internet dan domain. 6
2.4. Peranan Internet Dalam E-Business. 8
Bab III  PENUTUP. 9
3.1 Daftar Pustaka. 10

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bab I  PENDAHULUAN
Ketika kita memasuki milenium baru, proses bisnis berbasis internet telah mengubah seluruh industri dan pasar, yang juga akan menimbulkan dampak besar pada pelanggan dan bisnis. Electronic business (e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk didalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi, membangkitkan permintaan melalui kegiatan marketing, melayani pelanggan, berkolaborasi dengan rekan bisnis dan kegiatan transaksi bisnis secara online. E-Business akan meningkatkan kinerja bisnis dengan low cost dan open connectivity dengan diperkenalkannya teknologi baru pada value chain dan menghubungkan value chains untuk meningkatkan layanan, mengurangi biaya, membuka saluran baru dan mentransformasi lansekap persaingan. Banyak perusahaan mulai sadar bahwa banyak manfaat potensial yang diberikan oleh e-Business. Beberapa manfaat yang diberikan e-Business adalah: Dukungan yang mutakhir pada usaha untuk melakukan perekayasaan ulang proses bisnis; Ekspansi jangkauan pasar; Memperkuat hubungan dengan pelanggan dan suplier; Mengurangi biaya dengan mengaplikasikan teknologi elektronik pada proses bisnis; Menurunkan biaya telekomunikasi dengan infrastruktur internet.
Karena manfaat – manfaat yang diberikan oleh e-Business banyak yang berupa manfaat non finansial (intagible benefit) maka kinerja dan kontribusinya terhadap kinerja bisnis secara keseluruhan akan sulit diukur dan dievaluasi. Juga akan sulit untuk me-manage proyek e-Business untuk menyakinkan bahwa manfaat yang nyata dan terukur dapat dihasilkan. Dalam praktik, proyek e-Business sering di-manage terlalu teknis dan sedikit melihat pada perspektif bisnis. Proyek e-Business harus di monitor dan setiap inisiatif dalam e-Business diperlukan perspektif bisnis yang didefinisikan dengan baik (tentang biaya dan manfaat / keuntungannya.



Bab II ISI

2.1. Melihat Secara Singkat Cara Kerja Internet


Cara kerja Internet yang praktis dalam waktu singkat dapat mengirim data dalam berbagai format audio dan visual dengan harga pengiriman data yang tergolong sangat murah dibanding dengan media pengiriman data yang lain, membuat perkembanganya cukup pesat akhir-akhir ini. Internet secara umum memang telah dikenal luas oleh masyarakat, namun bagaimana sebenarnya cara kerja jaringan Internet itu dalam hal mengirim dan mentransfer data dalam waktu yang singkat? Berikut adalah penjelasan sederhananya:
Sebuah komputer pengguna (client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server. Dengan adanya sebuah server yang mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client dapat mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.
Penghubung antara Server dan Client Komputer untuk menterjemahkan beragam bahasa komputer disebut Protokol. Jika anda mengakses ebuah alamat misalnya http:// yang artinya adalah hyper text transfer protocol dan itu tandanya anda telah terhubung dengan jaringan komputer.
Kemudian untuk mengenal masing-masing jutaan Client Komputer di dunia internet, maka masing-masing komputer memiliki alamat Internet Protocol (IP) masing-masing. Alamat IP atau yang sering juga disebut IP Address akan memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana sebuah data.
Selain IP Address juga ada perangkat yang paling populer di dunia Internet, yaitu Web Browser. Agar Clinet Komputer yang anda gunakan dapat melihat informasi yang dikirim dari server, maka dibutuhkan perangkat internet Browser. Internet Browser yang paling terkenal sejauh ini adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lain sebagainya.


2.2. Bagaimana Informasi Diproses dalam Internet


Setelah terhubung internet dan masuk ke dalam web browser, selanjutnya informasi yang dibutuhkan akan di cari melalui web pages dengan memasukan web addresses baik dengan hyperlink atau mengetiknya di web browser. Lalu terjadi permintaan masuk dari web browsers ke web server melalui internet. Informasi lalu dikembalikan melalui HTTP dari web server ke web browser dan terakhir informasi muncul di web pages. Proses ini cepat lambatnya tergantung dari kecepatan koneksi internet.
Terdapat beberapa cara di internet untuk mengakses informasi dalam World Wide Web melalui web pages yang dapat dilihat di web browser, antara lain melalui E-mail, Internet Relay Chat (IRC), usenet newsgroup dan File Transfer Protocol (FTP). E-mail dapat digunakan sebagai pull mechanism melalui direct mail untuk pemasar. Sedangkan IRC menawarkan komunikasi langsung dengan PC yang sedang terhubung saat itu dan lebih bersifat untuk hiburan saja. Selanjutnya adalah usenet newsgroup yang sering disebut juga sebagai forum untuk mempelajari perilaku konsumen. Lalu ada FTP yang dugunakan untuk memindahkan data dari PC ke situs melalui HTML web pages dan graphics dengan cara mengunggah. Selain itu juga terdapat Grophers, Archies dan Wais yang sudah tidak ada lagi karena kegunaannya sudah digantikan oleh World Wide Web.


2.3. Pentingnya alamat internet dan domain


Nama domain alias domain name memiliki peran penting di Internet. Tanpanya, para peselancar di Internet akan kesulitan mengingat alamat suatu situs yang berupa angka-angka.
Setiap mesin yang terhubung ke Internet memiliki sebuah alamat yang unik yang berupa angka. Alamat itulah yang dinamakan alamat Internet Protocol alias alamat IP alias IP address. Alamat IP adalah angka 32bit yang dibagi menjadi 4 bagian yang disebut oktet oleh beberapa titik. Tiap oktet bisa berisi angka dari 0 sampai 255. Contoh alamat IP adalah 202.146.0.178.
Alamat IP server, misalnya server sebuah situs umumnya bersifat statis. Artinya, alamat IP server tidak berubah, walaupun ada kemungkinan berubah bila situs berpindah server. Berbeda halnya dengan alamat IP seseorang yang menggunakan koneksi dial-up. Alamat IP komputer orang ini selalu berubah tiap kali sesi koneksi.
Alamat IP dapat digunakan untuk mengakses sebuah situs. Coba saja alamat IP sebuah server Web diketikkan di browser, lalu tekan [Enter]. Situs yang ditampilkan akan sama dengan situs yang ditampilkan saat alamat situs yang dimasukkan. Untuk mengakses situs yang sama, mana yang lebih mudah diingat? Alamat IP yang terdiri dari angka-angka atau alamat dengan kata-kata yang mudah diingat?
Nah, itulah guna nama domain. Sebuah alamat IP memiliki nama domain. Mereka dialokasikan di sebuah server bernama name server. Nama domain dibuat agar para pengguna Internet lebih mudah menghapal nama situs. Dan untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP, setiap server Web harus memiliki Domain Name Server (DNS).
Nama domain terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu domain level pertama (first-level domain atau top level domain), domain level kedua, dan nama host (host name). Domain level pertama dari http://www.sahabatkuliah.com/ adalah com. Contoh lain domain level pertama yang jumlahnya amat banyak adalah gov, edu, dan org.
Dari contoh yang sama, domain level kedua adalah sahabatkuliah. Domain level kedua ini harus unik di dalam sebuah domain level pertama. Maksudnya begini. Tidak akan ada http://www.sahabatkuliah.com/ yang mengacu pada dua situs yang berbeda. Namun, bila berada pada domain level pertama yang berbeda, misalnya http://www.sahabatkuliah.com/ dan http://www.sahabatkuliah.org/, situs bisa sama sekali berbeda. Bagian yang paling kiri adalah nama host. Berarti, nama host untuk http://www.sahabatkuliah.com/ adalah www. Contoh lain, nama host untuk photos.yahoo.com adalah photos.
Karena setiap domain level kedua harus unik di dalam domain level pertama, agar tidak terjadi duplikasi, harus ada yang mengurusi. Setiap negara memiliki pengurus sendiri. Indonesia, misalnya, punya IDNIC yang mengurusi domain level pertama id. Basis data (database) milik setiap negara harus disalin ke server domain level pertama (top domain level server) agar bias dilihat di seluruh dunia.



2.4. Peranan Internet Dalam E-Business


Keterhubungan global (global connectivity) melalui internet dan kemudahan penggunaan (ease of use) dapat menyediakan akses kepada dunia bisnis dan perorangan yang secara normal akan sulit dilakukan. Perusahaan bisnis dapat secara langsung menghubungi pemasok, rekan bisnis, atau pelanggan perorangan dengan biaya rendah, meskipun terletak sangat jauh secara geografis.
Begitu pula bagi pengusaha, mereka dapat mencari outlet baru untuk produk atau jasa yang ditawarkannya secara lebih luas, karena internet memfasilitasi transaksi silang batas (cross border transaction) sehingga informasi mengalir lebih cepat. Selain itu, internet juga menyediakan media yang berbiaya rendah (low cost medium) bagi aliansi global dan organisasi maya (virtual organizations). Web merupakan tampilan antarmukuka (interface) standar. Dengan media internet, memungkinkan akses global dengan murah yang dapat dipergunakan untuk menciptakan sistem dalam sebuah organisasi.
Bukan itu saja, internet dapat menciptakan aplikasi interaktif yang dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Halaman-halaman web mempunyai kamampuan untuk berinteraksi secara lebih menarik yang tidak dapat disediakan oleh media tradisonal berbasis kertas. Penampilan teks, suara, gambar, dan video pada halaman web mampu menarik orang untuk berinteraksi lebih jauh, dan ditambah kemudahan berinteraksi hanya dengan menekan tombol untuk membuat pilihan yang diinginkan.


3.5 Peranan Website Dalam E-Business
            Website dalam e bisnis sangat berperan sekali, karena dengan adanya website sebagai penjualan bisnis pun bisa di jalankan secara online yaitu dengan E – Commerce.
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
Jadi dapat disimpulkan peranan website dalam e bisnis adalah penjualan secara online yang ditampilkan dalam sebuah halaman website yang mempunyai domain name tertentu sesuai dengan penjualan yang ditawarkan dan dibuat semenarik mungkin agar customer dapat tertarik dan memesan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu website sangat diperlukan bagi kelancaran suatu perusahaan dalam memasarkan produk yang ditawarkan.



  3.5.1 Contoh Desain Website yang sesuai untuk E-Business

Gambar diatas merupakan sebuah contoh website yang diperlukan untuk menunjang kegiatan e-business.

3.5.2 Peranan Pemilihan Domain

Domain name berfungsi untuk menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet. Fungsi lainnya adalah untuk memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet.
Peranan domain name sendiri dalam e-business yaitu untuk memudahkan customer mengingat atau mencari situs atau halaman web yang di inginkan. Oleh karena itu pembuatan nama domain tidak boleh asal asalan karena mempunyai efek yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan bisnis secara online.
Contoh :
Jika Anda mengetik keywords “ palasari”  pada google, maka akan di peroleh top result berupa :
www.palasarionline.com/
dari contoh di atas dapat dilihat bahwasannya ketika kita mengetikkan
keyword pada google,maka google akan langsung menampilkan semua link yang berhubungan nama keyword yang  kita ketikkan beserta alamat websitenya.

3.5.3 Memilih Hosting  yang Tepat

Memilih sebuah tempat hosting adalah gampang - gampang susah, sebab mencari sebuah hosting sama artinya mencari mitra kerja untuk membantu kita untuk menyimpan file-file website kita yang kemudian kita publikasikan di internet, sehingga akan mengundang banyak pengunjung untuk aktif melihat website anda serta melakukan transaksi. Memilih hosting yang salah tentunya sangat membawa dampak buruk untuk anda.  Berikut tips dan trik untuk memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda.


Adapun tips untuk memilih hosting

1.      Pilih tempat hosting yang benar-benar terpercaya.
  1. Fitur hosting yang lengkap.
  2. Customers service yang full online 24jam, karena kalau ada masalah dengan blog kita, maka kita bisa cepat – cepat menanganinya.
  3. Mempunyai transfer bandwitch yang cukup besar
  4. Tidak terdapat banner iklan dari provider yang muncul pada website kita. Kecuali kita pasang sendiri.
  5. Lebih mudah terdaftar kedalam mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Hal ini tentu semakin mempercepat orang lain untuk mengunjungi website kita karena dapat membukanya melalui mesin-mesin pencari tersebut.
3.5.4 Bahasa yang di gunakan dalam pembuatan website
Cascading Style Sheets (CSS)
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

CSS digunakan oleh penulis maupun pembaca halaman web untuk menentukan warna, jenis huruf, tata letak, dan berbagai aspek tampilan dokumen. CSS digunakan terutama untuk memisahkan antara isi dokumen (yang ditulis dengan HTML atau bahasa markup lainnya) dengan presentasi dokumen (yang ditulis dengan CSS). Pemisahan ini dapat meningkatkan aksesibilitas isi, memberikan lebih banyak keleluasaan dan kontrol terhadap tampilan, dan mengurangi kompleksitas serta pengulangan pada stuktur isi.

CSS memungkinkan halaman yang sama untuk ditampilkan dengan cara yang berbeda untuk metode presentasi yang berbeda, seperti melalui layar, cetak, suara (sewaktu dibacakan oleh browser basis-suara atau pembaca layar), dan juga alat pembaca braille. Halaman HTML atau XML yang sama juga dapat ditampilkan secara berbeda, baik dari segi gaya tampilan atau skema warna dengan menggunakan CSS.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bab III  PENUTUP

Demikian makalah tentang Kontribusi Internet Dalam E-Busieness  yang kami buat,  semoga
dapat bermanfaat bagi kita semua.





------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KESIMPULAN
 
Jadi Internet sangat beperan penting dalam proses E-Busieness dimana Internet memberikan 
dukungan yang mutakhir pada usaha untuk melakukan perekayasaan ulang proses bisnis, Electronic business (e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk didalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi, membangkitkan permintaan melalui kegiatan marketing, melayani pelanggan, berkolaborasi dengan rekan bisnis dan kegiatan transaksi bisnis secara online.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

3.1 Daftar Pustaka








0 comments: